Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
About me Facebook Page Facebook Grup
Eramuslim Hidayatullah Arrahmah Voa Islam Underground Tauhid Khilafah.com Jihadwatch.org Islamcity.com
Jurnal Haji MakkahTv live Wisata Haji Media Haji Spirit Haji
Digital Haji Streaming Software Alharam-Nabawi Ceramah kristolog Ceramah Yahya waloni Purgatory: Beauty Lies Beneath Hiphop Native Deen Dialog Muallaf-Murtad Kajian Islam-kumpulan hadits qudsi DOWNLOAD GRATIS EBOOK ALQUR'AN DAN KITAB-KITAB PENGARANG TERKENAL FREE DOWNLOAD EBOOK KRISTOLOGI
Fakta [area] Kisah [area] Kritisi [area] Motivasi [area] Mukhasabah [area] Muslimska [area] Sejarah [area] Puisi [area] Samara [area]
4.2.13 | Senin, Februari 04, 2013 | 0 Comments

Sekolahan VS Kuliahan

Mooner [area]- SELAMA ini udah lama banget kita dengar orang (termasuk diri kita sendiri) ngomong ngalor-ngidul tentang segala macem jurusan di kuliahan.

Tapi, jangan-jangan banyak diantara kita yang sebenernya belom pada tau kayak apa sih dunia perkuliahan itu..??


Oke deh guys.., dengan penuh cinta berdasar pengen share ane geberin deh khusus buat antum semua (wabil khusus yang masih usia sekolah). Tancep


  • Nggak berseragam

Hal yang paling pasti yang ngebedain anak sekolahan ama anak kuliahan apalagi kalo bukan pakean yang dikenakan pas waktu kuliah.

Sori ajalah, seragam putih abu-abu, pramuka (atawa seragam apapun) ngga bakalan lagi akrab dengan anak kuliahan. anak kuliahan bebas make baju kayak gimanapun, tapi tetep aja ada bates kesopanan. Kayak misalnya ngga boleh pake celana pendek dan pake sandal jepit. Rambut pun boleh tuh gondrong.

Tapi sekedar  info neh, jaman sekarang udah ngga nge-hype tuh mahasiswa potongan rambutnya kayak Candil Seuriues atawa Kurt Cobain. Mahasiswa sekarang tuh wangi-wangi .. hehehe …  kayak boyband ato girlband, aih rempong banget..!


  • Moving Class

Kalo di SMA kebanyakan dari kita [dulu] cuman bermarkas di satu tempat, di kuliahan malah bisa kebalikannya, anak kuliahan bisa-bisa nggak memiliki satu kelaspun.

Maklum, peraturanya setiap mata kuliah punya ruangan sendiri. Misalnya aja kalo mata kuliah A, kita musti kuliah di gedung C, dan mata kuliah B, harus belajar di gedung D. En begitu seterusnya .

Di beberapa Universitas, sama artinya nggak ada yang namanya temen sekelas..saknoe yo..!


  • Belajar pake SKS

SKS tuh artinya Sistem kebut semalam, eh salah, maksudnya sistem Kredit Semester.
Kalo sebelumnya di SMA tuh kita mungkin udah diset dalam jangka tiga taon bakalan bisa lulus, nah di kuliahan ngga begitu, guys..

Biasanya sih setiap jurusan standarnya ngasih semua SKS sekitas 220 SKS yang musti diambil per semester.

Tiap orang tentu aja bakalan beda dalam soal mengambil SKS-nya. Asal tau aja, berapa banyak SKS yang boleh diambil ama tiap mahasiswa bergantung ama kepintaran si mahasiswa sendiri. Mahasiswa pinter paling banyak boleh ngambil 24 SKS dalam satu semester.


So, kebanyakan kalo mahasiswa tuh lulusnya ngga sama, karna SKS-nya ngga sama dalam tiap semester.


  • Quis

Di SMA kita palingan tau ada ulangan. Di kuliahan ngga ada lagi yang namanya ulangan, tapi quis. Sebenernya sama aja sih bentuknya ama ulangan, tapi kalo kuis di kuliahan kadang soal-soal yang dikasihin nggak ada hubunganya dengan apa yang udah di terangin sebelomnya ama dosen..
jadi anak kuliahan tuh harus punya wawasan lebih..wow..(apa iya..?)


  • Naek terus ngga pake tinggal kelas

Jika lazimnya anak sekolahan jika rangkingnya jelek bisa nggak naik kelas, anak kuliahan malah kebalikannya, Walo kita ngambil SKS cuma sedikit, tapi ngga ada namanya tinggal kelas. Setiap taon kita bakalan terus naek tingkat, tapi masa kuliah (sarjana) normalnya bisa rampung sekitar 4th-an bisa jadi membengkak jadi 5 ampe 7th, waduh..sakno wong tuo boss..!!


  • IPK bukan rangking

Untuk penilaian secara akademik, anak kuliahan nggak lagi dikasih angka 1 sampe 10. Tapi dengan huruf A,B,C, dan D. Secara kasar A nilainya 4, B itu 3, C sama dengan 2, dan D sama dengan 1. Kecil ya.?

Tapi jangan salah, Indek Prestasi Akumulatif (IPK) anak kuliahan paling bagus itu 4.
Itu sudah luar biasa dan fantastis. Dapet IPK 3 koma aja, kerjaan dan beasiswa bakalan ngalir deras.

Dan, Batas kelulusan musti dengan IPK minimal 2,7. Kalo anak kuliahan dapet D, biasanya kita disuruh mengulang lagi mata kuliah itu di tahun yang sama. Maksudnya kalo tahun ganjil ya musti di taon ganjil juga, ngga boleh di semester genap. Ini yang sering bikin lama kuliah, karena terlalu ribet (itu sebabnya, ane nggak kuliah,hahaha..!)


  • Mandiri

Di kuliahan semua kita lakukan sendiri. Dosen nggak peduli kita mau masuk atawa nggak. Mau ngumpulin tugas atawa juga mangkir. Tapi biasanya sih semua dosen ngasih kesempatan 3 kali bolos dalam waktu satu semester, kecuali kalo sakit yang keras banget dan itupun musti ada surat dispensasi.

Jadi untuk kalian yang akan kuliah ditahun ini, ane kasih nasehat dikit yee.. "kalo kalian nggak bisa ngurus diri sendiri atawa nggak serius, masih labil, dan masih doyan hura-hura, bisa-bisa ente nanti jadi mahasiswa seumur idup dan tinggal nunggu D.O alis Drop Outalias dipecat dan juga yang jelas, habis-habisin uang ortu ente. Amit-amit!



Ane saranin, mending ente, selesei sekolah minta modal aja ortu untuk buka usaha, atau bisa perlu ente kerja langsung, dan harap dicatet pula, orang kuliah itu nggak ngejamin bisa kerja mapan, coba ente semua liat, tiap tahun berapa juta anak kuliahan lulus dengan IPK bagus dan gelar mentereng, tapi masih aja idup dapet subsidi dari ortunya.


So
..???

0 Comment [area]:

 
[muslimska]MOONER area © 2010 - All right reserved - Using Copyright: hanya mutlak Punya Allah SWT
WARNING: keseluruhan isi blog ini free copy paste tanpa perlu izin penulis..Allahu Akbar..Allahu Akbar..Allahu akbar