Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
About me Facebook Page Facebook Grup
Eramuslim Hidayatullah Arrahmah Voa Islam Underground Tauhid Khilafah.com Jihadwatch.org Islamcity.com
Jurnal Haji MakkahTv live Wisata Haji Media Haji Spirit Haji
Digital Haji Streaming Software Alharam-Nabawi Ceramah kristolog Ceramah Yahya waloni Purgatory: Beauty Lies Beneath Hiphop Native Deen Dialog Muallaf-Murtad Kajian Islam-kumpulan hadits qudsi DOWNLOAD GRATIS EBOOK ALQUR'AN DAN KITAB-KITAB PENGARANG TERKENAL FREE DOWNLOAD EBOOK KRISTOLOGI
Fakta [area] Kisah [area] Kritisi [area] Motivasi [area] Mukhasabah [area] Muslimska [area] Sejarah [area] Puisi [area] Samara [area]
11.8.12 | Sabtu, Agustus 11, 2012 | 0 Comments

Kau Tak Sekedar Indah

Perempuan adalah makhluk Allah yang begitu banyak memberi inspirasi keindahan. Keindahan itu seakan tak bisa jauh-jauh dari sosok perempuan. Berbagai pujian pun sering ditujukan pada perempuan. Dalam tulisan kali ini ane akan membahas tentang berbagai definisi keindahan perempuan menurut sudut pandan ane sendiri, antum boleh kirim setuju, protes, atau comment apapun, karena definisi itu relatif, tul gak..
Langsung aja ye ke TKP:

1.CANTIK

Cantik, apa yang pertama kali terbayang saat mendengar kata cantik? Barangkali Olla Ramlan.,wewww (@_@), yang jelas seorang perempuan akan sangat senang kalau dibilang cantik.
So?  Cantik itu apa sich?
Menurut ane cantik itu adalah tampak lebih menarik bagi orang lain yang muncul pada saat awal-awal pertemuan. Ada yang perlu digaris bawahi dalam hal ini “awal-awal pertemuan”.
Persepsi cantik sudah bisa muncul sejak awal pertama kali seorang melihat wajah seorang perempuan yang dianggap cantik. Ini semacam respon spontan, begitu melihat, maka otak kita langsung menilai, “cantik!” kira-kira begitulah kata ustadz Mooner, hehe (ngimpi.com).

Biasanya perempuan cantik itu terlihat lebih menonjol, dia akan paling dulu kelihatan, paling mudah diingat, paling gampang dikenali. Ini menjadi menarik karena ternyata selainmudah diingat juga mudah dilupakan. Hari ini cantik, besok ketika ada yang lebih menarik, lebih menonjol, maka predikat cantiknya berpindah pada orang lain. Jadi cantik itu nilainya very-very relative bagi setiap orang, yaa..tergantung pembandingnya aja lah.
(cobalah sist bercermin, jika Anda sendirian pasti paling cantik!)
Apakah pernah ada orang yang bilang Anda cantik? Hemmm, kalo kata ane sich, “don’t believe it 100%!”

Sebab esok, lusa, atau kapan saja dia akan mengatakan hal yang serupa pada orang lain (terutama bagi mereka yang bergelar ikhwan abal2). Artinya sekarang sist bisa jadi cantik, karena belum ada pembanding, tetapi kalau sudah ada pembanding yang lebih cantik, berpindahlah predikat tadi.. so..?

2.MANIS

Setelah cantik, kita sering mendengar orang mengekspresikan keindahan itu dengan kata “manis”, apa yang terbayang saat orang mengucapkan kata manis? Barangkali gula (awas diabetes kalo kebanyakan).

Apakah Antum tahu gula itu manis kalau Anda belum pernah sekalipun mencicipi rasanya? Walaupun itu sedikit atau banyak, tapi untuk mengetahui gula itu manis atau tidak, kita pasti pernah merenungkan sejenak rasa gula. Manis juga sama, sebab manis bukanlah respon spontan seperti cantik. Manis perlu dilihat sejenak, baru kemudian komentar itu akan keluar, “manis sekali senyumnya seperti coklat (lebay.com)!”, misalnya…

Manis emang nggak terlalu menonjol seperti cantik. Tapi manis memiliki kesan yang lebih mendalam. Kalau ada orang yang mengatakan antum manis, maka sebenarnya dia telah menemukan sesuatu yang berbeda dalam diri Antum..(cihuy..prok-prok).
berarti dia lagi memperhatikannya dan menyimpulkannya.

Manis tidak terlalu menonjol, dikarenakan sebab-sebab yang memang tidak mendominasi wajah Anda. Misalnya yang membuat Anda nampak manis hanya mata ente, hidung ente, atau bibir ente, atau sekedar gigi taring yang ente miliki (ups, maksudnya gigi gingsul ente), atau bahkan yang ente anggap sebagai sebuah kekurangan seperti tahi lalat sekalipun tapi menjadi persepsi manis itu sendiri.

Bersyukurlah Antum yang merasa manis, karena Antum cukup punya satu hal untuk membuat diri Antum terlihat menarik..(gerobak kalee..).

3.AYU

Berikutnya adalah “Ayu”. Ayu tentu berbeda dengan cantik dan manis..berbeda pula dengan pelantun lagu "alamat palsu", Ane bukan bicara ayu sebagai sebuah definisi atau figur, tapi yang ane bicarakan disini adalah situasi bagaimana yang membuat orang bisa mengeluarkan komentar ayu pada seseorang yang dianggapnya ayu. Jarang sekali orang yang baru kenal akan bilang ayu pada perempuan. Kecuali dalam Bahasa Jawa… ayu sama dengan cantik. Tapi ayu yang telah mengalami perluasan makna , tidak akan dilontarkan pada orang yang tidak istimewa karena secara harfiah Ayu itu scope nya lebih khusus di banding Cantik..(sotoy.com).

4.ANGGUN

Predikat keindahan berikutnya adalah anggun. Anggun itu.. berpenampilan perempuan banget, dan sikapnya juga perempuan banget, tapi bukan Anggun C. Sasmi, karena sist itu di awal kemunculannya justru tomboy.

Anggun tidak harus cantik, tidak harus manis, tidak harus ayu, tetapi juga bukan yang kalem, diam, dan cuma bisa senyam-senyum… bukan itu… .  Tetapi  anggun adalah dia yang bisa menempatkan diri, terlihat luwes, dan bisa pas antara penampilan, situasi dan kondisi, tidak dibuat-buat dan tetap elegant! 

Wanita yang anggun akan enak dilihat (pas gitchu loh..), walaupun mungkin sebenarnya biasa saja, tetapi karena kepandaiannya menempatkan diri, jadi ada sesuatu yang menarik dalam dirinya..

5.KHARISMATIK

Kharismatik termasuk definisi keindahan perempuan yang sering kita dengar. Jelas bukan untuk sembarangan orang.  Ada sesuatu dalam diri perempuan ini yang membuat dia nampak berwibawa, layak untuk dihormati.  Lebih dari itu, dia juga layak didengar pendapatnya.

Biasanya komentar kharismatik melekat pada orang-orang yang punya pengaruh, tokoh-tokoh perempuan yang dituakan, tidak ada kaitannya kharismatik dengan cantik, manis, bahkan anggun. Kharisma itu seperti aura yang keluar begitu saja, dan membuat menarik. Kharisma ini tidak hanya membuat orang kagum, tetapi juga segan..

6.SHOLEHAH

Nah, yang point terahir ini yang jadi idaman ane..

Masih banyak ekspresi keindahan yang muncul bagi perempuan, seperti Rosulullah yang memanggil Aisyah dengan humairah atau yang kemerah-merahan, bisa jadi karena pipi Aisyah yang kemerahan, atau kegemaran Aisyah pakai baju merah… yang jelas begitulah Rosulullah memanggil Aisyah.  Dan tentunya masih banyak predikat keindahan yang bisa diberikan pada seorang perempuan.

Ada satu  lagi sebenarnya yang paling indah… bahkan dikatakan oleh Rosulullah,sebaik-baik perhiasan adalah wanita sholehah…
Subhanallah…
Predikat keindahan tiada tara itu adalah sholehah… wanita sholehah adalah sebaik-baik keindahan, menatapnya menyejukkan qolbu, mendengarkan suaranya menghanyutkan batin, ditinggalkan menambah keyakinan, wanita sholehah adalah bidadari syurga yang hadir di dunia, ibu dari anak-anak yang mulia, istri yang meneguhkan jihad suami,penebar rakhmat bagi rumah tangga, cahaya dunia dan akherat.
Subhanallah… indah banget ya definisi wanita sholehah.

Kadang perempuan lupa, ada predikat keindahan yang jauh lebih penting daripada sekedar dipandang cantik, manis, anggun, bahkan kharismatik.  Kadang perempuan  sibuk menata diri, berhias di depan cermin, berjam-jam menghabiskan waktu memilih baju, benerin make-up hanya demi satu kata yang sebenarnya kosong, tanpa ruh yaitu sekedar dibilang cantik! Padahal seribu jam sehari di depan cermin tidak akan mengubah apapun yang sudah melekat dalam diri kita.

Pernah nggak sich kita mati-matian pengen dianggep sholehah sama Allah???
Padahal untuk sekedar menjaga hati meluruskan niat untuk satu amal saja entah pernah berhasil atau tidak???
Ayo siapa yang sampai detik ini, setelah selama ini hidup di bumi belum pernah dibilang cantik? Manis? Anggun? kharismatik?  mau minta berapa kali sehari???
Ane kasih Garatisssss:
“Hari ini kamu Cantik deh Ukhti, wkwkwk!”..(gubrak).

Tapi yang jelas, yang memberikan predikat sholehah cuma Allah… kita wabil khusus untuk ukhti-ukhti hanya bisa berharap dan berusaha… bukankah begitu ukhti sholehah???

Wanita sholehah, cukup Allah-lah yang menilai, cukup Allah yang menjadi saksi, cukup Allah yang Maha Menolongnya. Di hadapan Allah yang terbaik bukanlah rupa fisik kita, tetapi ketaqwaan antum dan kepatuhan antum, jika masih single patuh ama ortu kalo uda nikah patuhnya sama suami.

Pesenku, untuk ukhti fillah..Peliharalah kehormatanmu layaknya  MUTIARA yang terpelihara, Peliharalah ketaatan, kesabaran, dan ketawakalan  layaknya keindahan kilau  MUTIARA.
Peliharalah IMANmu duhai wanita sholehah sebagai MUTIARA HATI yang lebih dari sekedar indah..dan Insyaallah kecantikan lahir batinmu akan membuat iri para bidadari penghuni surga..Amin..Amin..


0 Comment [area]:

 
[muslimska]MOONER area © 2010 - All right reserved - Using Copyright: hanya mutlak Punya Allah SWT
WARNING: keseluruhan isi blog ini free copy paste tanpa perlu izin penulis..Allahu Akbar..Allahu Akbar..Allahu akbar