Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
About me Facebook Page Facebook Grup
Eramuslim Hidayatullah Arrahmah Voa Islam Underground Tauhid Khilafah.com Jihadwatch.org Islamcity.com
Jurnal Haji MakkahTv live Wisata Haji Media Haji Spirit Haji
Digital Haji Streaming Software Alharam-Nabawi Ceramah kristolog Ceramah Yahya waloni Purgatory: Beauty Lies Beneath Hiphop Native Deen Dialog Muallaf-Murtad Kajian Islam-kumpulan hadits qudsi DOWNLOAD GRATIS EBOOK ALQUR'AN DAN KITAB-KITAB PENGARANG TERKENAL FREE DOWNLOAD EBOOK KRISTOLOGI
Fakta [area] Kisah [area] Kritisi [area] Motivasi [area] Mukhasabah [area] Muslimska [area] Sejarah [area] Puisi [area] Samara [area]
10.2.12 | Jumat, Februari 10, 2012 | 0 Comments

Jujurlah Dalam Merindu Rasul


Rindu Kami Padamu Ya Rasul
Rindu Tiada Terperi
Berabad Jarak Darimu Ya Rasul
Serasa Dikau Di Sini

Cinta Ikhlasmu Pada Manusia
Bagai Cahaya Surga
Dapatkah Kami Membalas Cintamu
Secara Bersahaja


Di momen Maulid Nabi tercinta Muhammad SAW begini ( kurang lebih semingguan yang lalu ), lagu ciptaan Bimbo di atas pas banget untuk dilantunkan secara samar di bibir. Cukup pelan-pelan saja karena kalo kamu melantunkannya dengan keras, khawatir ada banyak piring terbang melayang ntar hehehe. Tapi, meskipun pelan, makna lirik di atas harus pas mantap di hati agar memberi efek yang oke pada diri... menghayati itu kan harus datang dari hati bukan hanya di bibir aja , nggak perlu juga rame rame atau besar2an yang ujung2nya malah jadi kayak nasrani ..walau emang pada dasarnya maulud itu bid'ah dan bid'ah ya tetep bid'ah..karena nabi sendiri dan 4 sahabat terbaiknya nggak pernah merayakannya.

tapi disini saya ambil tengah2 aja .moment itu seharusnya kita rayakan sesuai pesan beliau seperti RASUL bilang ;


“Janganlah kamu berlebih-lebihan memujiku, sebagaimana orang-orang Nasrani telah berlebih-lebihan memuji (Isa) putera Maryam. Aku hanyalah seorang hamba, maka sebutlah, ‘Abdullah wa rasuluhu (hamba Allah dan Rasul-Nya)’.” (HR. Bukhari dan Muslim)



Bukankah , Nabi memeringati hari kelahirannya dengan berpuasa bukan berfoya foya , seperti halnya maulud untuk saat ini . seperti halnya :

Ketika beliau Shallallahu 'Alaihi Wasallam ditanya mengenai puasa Senin, beliau pun menjawab, “Hari tersebut adalah hari kelahiranku, hari aku diangkat sebagai Rasul atau pertama kali aku menerima wahyu.” (HR. Muslim). jadi seharusnya moment memperingati Kelahiran Rasul stiap hari senin..itupun dengan cara yang sederhana ,bukan bermubadzir ria .
so, sewajarnya sajah dalam memuji tanpa mengurangi hikmahnya.


back to topik...
Asli, setiap melantunkan lirik lagu Rindu Rasul tersebut, hati selalu terasa gerimis. Mata pun basah karena perasaan terasa buncah oleh rindu yang membara. Ya…rindu pada Rasul tercinta yang membawa manusia dari kegelapan ke jalan yang penuh dengan cahaya. Meskipun jarak zaman Rasulullah hidup jauh banget dengan kita, tapi rasanya beliau tuh ada di dekat diri. apalagi jika kita mampu membarengi dengan meniru tingkah laku beliau..coz beliaulah idola sejati yang pantas kita dambakan.

Rasa ini bisa hadir dalam hati ketika kita mampu mencinta dan merindu Rasulullah dengan jujur. Loh, emangnya ada rasa cinta dan rindu yang tak jujur? Ada banget! Tuh kamu lihat para artis penyanyi yang melantunkan lagu tersebut di layar TV. Contoh yang paling sederhana, coba perhatikan bagaimana cara berpakaiannya. Rambut yang cuma ujung kepala ditutup kerudung dan selebihnya terbuka, pakaian yang tidak menutup aurat karena seringkali tertutup tapi ketat dan masih memperlihatkan lekuk tubuh indah perempuan, kemudian panggung yang campur baur laki-laki dan perempuan, membuat rindu ini ternoda.aatau sebaliknya kaum lelaki yang  jingkrak2 nggak jelas..eh bozzz emang tuh nabimu Rocker apa ?? sederhana saja dalam memuji tapi hasilnya mantap sebagai bahan perbaikan diri .

...Merindu Rasul haruslah jujur. Merindu dengan sebenar-benarnya rindu. Dengan merindu Rasul, kita pastilah akan berusaha mengikuti sunnahnya sebaik-baiknya demi bukti bahwa rindu kita tidak palsu....
Merindu Rasul haruslah jujur. Merindu dengan sebenar-benarnya rindu. Coba kamu ingat-ingat apabila kamu merindukan sesuatu, pastilah kamu berusaha untuk mengenang bahkan mengikuti setiap detil hal yang pernah dilakukannya. Begitu juga dengan merindu Rasul, kita pastilah akan berusaha mengikuti sunnahnya sebaik-baiknya demi bukti bahwa rindu kita tidak palsu.

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, 


أَمَّا بَعْدُ فَإِنَّ خَيْرَ الْحَدِيثِ كِتَابُ اللَّهِ وَخَيْرُ الْهُدَى هُدَى مُحَمَّدٍ وَشَرُّ الْأُمُورِ مُحْدَثَاتُهَا وَكُلُّ بِدْعَةٍ ضَلَالَةٌ



“Amma ba’du. Sesungguhnya sebaik-baik perkataan adalah Kitabullah dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wasallam. Sejelek-jelek perkara adalah yang diada-adakan (bid’ah) dan setiap bid’ah adalah sesat.” (HR. Muslim).
Rasulullah paling pantang bermaksiat. Jangankan maksiat besar (na’udzubillah), yang kecil saja Rasulullah tidak pernah. Coba bandingkan dengan rindu palsu di zaman ini ketika perayaan maulid diadakan dengan besar-besaran tapi miskin makna. Panggung demi panggung digelar, samrohan, terbangan, atau apalah namanya puji-pujian dilantunkan tapi ironinya, risalahnya dicampakkan. Acara maulid hanya sekadar seremonial belaka tanpa ada upaya untuk napak tilas bagaimana Rasulullah dulu berjuang demi tegaknya syariah Islam sebenar benarnya.
مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ, فَهُوَ مِنْهُمْ

"Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk bagian dari mereka." (HR. Ahmad dan Abu Dawud serta dishahihkan oleh Ibnu Hibban).

Ajaran Rasulullah disempitkan hanya sebatas sholat, zakat, puasa dan puji-pujian saja tanpa menyinggung adanya kemungkaran besar yang terjadi yaitu jauhnya umat dari ajaran Islam. Sangat jarang ada perayaan Maulid Nabi yang memberikan tema untuk menjadikan momen ini sebagai tonggak kita kembali kepada syariat dan Khilafah. Padahal tanpa kedua hal ini, bagaimana mungkin kita bisa meneladani Nabi dengan sempurna? Bila demikian kondisinya, lalu apa makna lantunan rindu Rasul yang tahun demi tahun selalu diulang?

Sungguh, kita ingin merindu Rasul dengan jujur tanpa kepalsuan atau sekadar ikut-ikutan. Kita ingin rindu ini ada wujud nyata bahwa kita benar-benar merindunya, sosok mulia sepanjang zaman. Tak ada yang salah dengan melantunkan puji-pujian untuk sosok nabi akhir zaman ini karena ia memang sosok yang sangat terpuji. Hanya saja akan jauh lebih indah bila momen maulid ini tak cuma berisi pujian dan lantunan rindu palsu, namun jauh kepada seruan penyadaran umat bahwa rindu ini akan tuntas dengan hadirnya lagi Islam dalam segenap aspek kehidupan. Dan itu tak mungkin bisa terwujud tanpa adanya system yang menaungi yaitu Khilafah Islam.

So, ayo kita jadikan momen maulid ( seharusnya bukan moment tahunan ) ini sebagai awal langkah untuk lebih meneladani Rasulullah dalam semua aspeknya. Bukan dengan hura-hura pesta namun lebih ke penghayatan dan pengamalan sunnah dan risalah yang dibawanya. Syariat Islam secara kaffah segera tanpa bisa ditunda. Selamat berjuang ya......

0 Comment [area]:

 
[muslimska]MOONER area © 2010 - All right reserved - Using Copyright: hanya mutlak Punya Allah SWT
WARNING: keseluruhan isi blog ini free copy paste tanpa perlu izin penulis..Allahu Akbar..Allahu Akbar..Allahu akbar