Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
About me Facebook Page Facebook Grup
Eramuslim Hidayatullah Arrahmah Voa Islam Underground Tauhid Khilafah.com Jihadwatch.org Islamcity.com
Jurnal Haji MakkahTv live Wisata Haji Media Haji Spirit Haji
Digital Haji Streaming Software Alharam-Nabawi Ceramah kristolog Ceramah Yahya waloni Purgatory: Beauty Lies Beneath Hiphop Native Deen Dialog Muallaf-Murtad Kajian Islam-kumpulan hadits qudsi DOWNLOAD GRATIS EBOOK ALQUR'AN DAN KITAB-KITAB PENGARANG TERKENAL FREE DOWNLOAD EBOOK KRISTOLOGI
Fakta [area] Kisah [area] Kritisi [area] Motivasi [area] Mukhasabah [area] Muslimska [area] Sejarah [area] Puisi [area] Samara [area]
3.11.12 | Sabtu, November 03, 2012 | 0 Comments

Khusyu',Emang Bisa..?

Menurut Sobat Mooner [area], khusyu' saat sholat tuh penting atau nggak sih?

Kalau penting, sepenting apa hayooo?! Kalau emang ke-khusyu'-an dalam sholat itu penting, berarti setiap kita sholat harus khusyu', right?

Nah, buat kamu-kamu yang masih susah khusyu', nih ane ada sedikit tips-tips supaya sholat kita bisa khusyu'. Cekidot:



    • Merendahkan pandangan dengan menundukkan pada tempat sujud.

Ingat ya Sob… pandangan menghadap ke bawah ke tempat sujud. Nggak menutup mata dan nggak juga jelalatan lirik kiri kanan. Fokus sob...

  • Membaca surah dengan bacaan indah mengikuti tajwid

Selain membaca ayat-ayat Qur’an hukumnya wajib ‘ain, membacanya dengan bacaan yang indah sesuai kaidah tajwid saat sholat juga bisa menambah kekhusyu'an, lhooo…

  • Sentiasa menepati waktu sholat agar tidak tergesa mengejar waktu.

Coba ente bayangin aja kalau sholat Ashar mepet sama sholat Maghrib, sholat Maghrib mepet sama sholat Isya… Boro-boro khusyu', ada juga capek kaliii…
Mending sholat di awal waktu deh Sob.. Bukan cuma khusyu' yang didapat, tapi juga ketenangan karena sudah menunaikan hak Dia dari kita.

  • Memulai bacaan ketika sholat dengan isti’azah (perlindungan dari syaitan).

Sebelum takbir, ucapkan dulu isti’azah (ta’awudz) plus basmallah biar terlindung dari godaan syetan yang terkutuk di sholat kita.

  • Memahami ayat yang dibaca.

Ini juga penting, Sob. Biar membedakan kita sama dukun juga yang suka merapal mantra. Hehe. Coba deh resapin tiap bacaan sholat sejak takbiratul ihram yang berarti menyerahkan diri dan mengakui kebesaran Allah hingga salam. Juga arti dari bacaan ayat Quran yang kita baca. Coba mulai dari ayat-ayat pendek di juz 30 aja, it's OK..

  • Sentiasa bersikap ingin melakukan yang terbaik ketika sholat.

Pernah dengar kata ihsan? Yap, kita beribadah seakan-akan kita melihat Allah walaupun kita nggak bisa melihatnya, dan yakin bahwa ALlah selalu melihat kita. Ini berlaku banget dalam sholat, Sob! Kita nggak tau kan… jangan-jangan sholat ini adalah sholat terakhir kita.

  • Menenangkan fikiran dengan membuang jauh urusan dunia ketika memulai sholat.

Nggak bisa dipungkiri, inilah godaan paling besar ketika sholat. Ya tiba-tiba jadi inget kunci rumah yang hilang lah, keingetan ada janji sama teman lah, dllsb yang ziiiing tiba-tiba banget hadir di benak semuanya. Para sahabat Nabi pun masih mengalami hal serupa. Tapi di situlah, ketika kita bisa menaklukkan semua urusan dunia dan membuangnya jauh-jauh ketika sholat, berasa deh kekhusyukan ibadah kita.

  • Senantiasa menanam dalam hati bahwa ketika sholat, kita sedang mengadap Allah.

Seperti rumus ihsan tadi, Sob. Tanamkan dalam hati bahwa ketika sedang sholat, kita sedang berada di hadapan Allah Azza wa Jalla. Yang menggenggam hati dan ubun-ubun kita. Sata itu lah kita mesti tunduk padanya. Nggak lama-lama kok. Lima menit aja.

  • Pakai pakaian yang bersih dan menggunakan minyak wangi.

Ini juga penting. Seringnya kita itu kebalik. Kalau menghadap manusia yang punya jabatan penting, paling anti deh pakai pakaian yang kucel bin kumel plus bau. Pokoknya kudu wangi! Eh pas sholat malah pakaian kita biasa banget. Mukenah sudah berapa minggu gitu nggak dicuci. Sarung sudah kena iler. Dan sebagainya. Mulai sekarang, mari kenakan pakaian terbaik ketika menghadap Allah. Oke.

  • Senantiasa mengingat mati, agar sholat kita hari ini seolah-olah sholat terakhir kita.

Umur nggak ada yang tau kan ya Sob.. Jangan-jangan tadi adalah sholat terakhir kita. Makanya berikan sholat terbaik biar Allah ridho ketika nyawa kita diangkat olehnya.



Nah, segitu dulu aja deh ya Sob. Oh iya, jangan pernah coba-coba buat ninggalin sholat yah. Soalnya kalau kata Paang Wali Band: ingat mati ingat sakit ingatlah saat kau sulit, ingat-ingat hidup cuma satu kali… ^__^

0 Comment [area]:

 
[muslimska]MOONER area © 2010 - All right reserved - Using Copyright: hanya mutlak Punya Allah SWT
WARNING: keseluruhan isi blog ini free copy paste tanpa perlu izin penulis..Allahu Akbar..Allahu Akbar..Allahu akbar