Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
About me Facebook Page Facebook Grup
Eramuslim Hidayatullah Arrahmah Voa Islam Underground Tauhid Khilafah.com Jihadwatch.org Islamcity.com
Jurnal Haji MakkahTv live Wisata Haji Media Haji Spirit Haji
Digital Haji Streaming Software Alharam-Nabawi Ceramah kristolog Ceramah Yahya waloni Purgatory: Beauty Lies Beneath Hiphop Native Deen Dialog Muallaf-Murtad Kajian Islam-kumpulan hadits qudsi DOWNLOAD GRATIS EBOOK ALQUR'AN DAN KITAB-KITAB PENGARANG TERKENAL FREE DOWNLOAD EBOOK KRISTOLOGI
Fakta [area] Kisah [area] Kritisi [area] Motivasi [area] Mukhasabah [area] Muslimska [area] Sejarah [area] Puisi [area] Samara [area]
30.3.12 | Jumat, Maret 30, 2012 | 0 Comments

WAL'ASR

Sholat Jum'at baru saja usai. Mentari malu2 menapakkan cahaya terik sianganya , meninggalkan peraduannya menuju waktu 'asr (sore) lantas menuju petang dan malam hari begitulah seterusnya titah matahari menerangi bumi, menjalani titah Illahi. Untuk mrngganti detik demi detik berselang, berganti menit, kemudian jam, hari, minggu, bulan dan tahun..ternyata begitu cepatnya usia ini berkurang ya....
Tak terasa, waktu begitu cepat berlalu...
Ketika kuingat kembali, sudah lama nian aku pergi meninggalkan kampung halaman. Teman mainku di kala anak-anak, kini sudah menjadi orang tua anak-anak. Bayi-bayi lucu yang dulu seringku gendong dan kuajak bermain telah beranjak dewasa dan tak kukenali lagi.
Orang-orang tua satu demi satu telah pergi, memenuhi panggilan Illahi. Generasi baru telah datang. Yang dulu anak-anak, kini sudah mempunyai anak. Yang dulu remaja, kini sudah hidup berumah tangga (curhat salah satu sahabatku).


Padahal, masih amat sedikit kerja yang terselesaikan, masih sedikit amal yang terlaksana, sementara masih sangat banyak pekerjaan yang belum tersentuh, dan masih banyak amal yang terabaikan, namun waktu tak bisa kembali diputar, untuk dikembalikan ke saat semula. 
Dan…..menyesali diri tanpa disertai perbaikan pun bukanlah hal yang berguna.


Teramat wajar jika dari sejak awal Allah berwasiat kepada kita:
” Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan beramal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran”(Q.S.Al ‘Ashr: 1-3).


Allah Maha Tahu tentang diri kita. Allah, Maha Tahu resep hidup yang tepat bagi diri kita. Bahkan Allah Maha Sayang kepada kita, sehingga kita diberi kemerdekaan untuk memilih jalan yang kita suka.
Allah tunjukkan kepada kita dua jalan-Nya.Yaitu jalan kefasikan dan jalan ketaqwaan “maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketaqwaannya, sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu, dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya”.(Q.S. Asy Syams : 8-10)
Juga, Allah telah tunjukkan kepada kita jalan kebajikan dan kejahatan “Dan Kami telah menunjukkan kepadanya dua jalan : ialah jalan kebajikan dan kejahatan”.(Q.S. Al Balad : 10).)


Kita tinggal memilih. Pilih selamat dan mendapat surga, atau pilih yang lainnya. Karenanya Allah berfirman :
“Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama Islam; sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. Karena itu barangsiapa yang ingkar kepada Thogut dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Dan Alloh Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”(Q.S.Al Baqoroh : 256).


Sahabat muslimska, selagi masih ada kesempatan untuk berbuat, marilah kita gunakan sisa usia kita sebaik-baiknya, tuk menghimpun bekal menghadap Sang Pencipta. Agar kitatak menyesal di kemudian hari, karena telah menggunakan masa muda untuk mengerjakan hal yang sia-sia.
Kita catat kuat-kuat dalam hati kita Sabda Rasulullah : “Gunakan waktu luangmu sebelum waktu sempitmu, gunakan waktu mudamu sebelum tuamu, gunakan waktu kayamu sebelum miskinmu, gunakan waktu sehatmu sebelum sakitmu, dan gunakan waktu hidupmu sebelum matimu”.
Sungguh amat merugi bila kita gunakan waktu ini untuk sebuah kesia-siaan. Karena melakukan sebuah amal saleh punkita harus berhitung dengan cermat. Jangan-jangan diantara amal saleh kita ada terselip perasaan ria, jangan-jangan diantara amal saleh kita ada asa untuk memperoleh pujian, jangan-jangan diantara amal saleh kita ada pamrih yang tak terkatakan. Astaghfirullahal‘adziim, na’udzu billahi min dzaalik. 
Semoga kita terlindung dari semua itu.


Allah mengingatkan kita dalam firman-Nya :
“Katakanlah: “Apakah akan Kami beritahukan kepadamu tentang orang-orang yang paling merugi perbuatannya?” Yaitu orang-orang yang telah sia-sia perbuatannya dalam kehidupan dunia ini, sedangkan mereka menyangka bahwa mereka berbuat sebaik-baikanya.(Q.S. Al Kahfi : 103-104).


Terakhir, marilah kita resapi firman Allah ini agar kita selalu ingat: “Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertaqwalah kepada Allah, sesungguhnya Alloh Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. Dan janganlah kamu seperti orang-orang yang lupa kepada Alloh, lalu Alloh menjadikan mereka lupa kepada diri mereka sendiri. Mereka itulah orang-orang yang fasik”( Q.S. Al Hasyr : 18-19).


Semoga Allah berkenan untuk senantiasa melindungi kita dari kesia-siaan, dan menetapkan petunjuk-Nya atas diri kita.
Rabbanaa laa tuzigh quluubanaa ba’daidz hadaitanaa wahablanaa milladunka rahmatan innaka antal wahhaab.
Robb, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah rahmat dari sisi Engkau; sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia)  (Q.S. Ali Imron : 8.)
Aamiin.
Wallohu a’lam bishshowwab...

0 Comment [area]:

 
[muslimska]MOONER area © 2010 - All right reserved - Using Copyright: hanya mutlak Punya Allah SWT
WARNING: keseluruhan isi blog ini free copy paste tanpa perlu izin penulis..Allahu Akbar..Allahu Akbar..Allahu akbar