Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
About me Facebook Page Facebook Grup
Eramuslim Hidayatullah Arrahmah Voa Islam Underground Tauhid Khilafah.com Jihadwatch.org Islamcity.com
Jurnal Haji MakkahTv live Wisata Haji Media Haji Spirit Haji
Digital Haji Streaming Software Alharam-Nabawi Ceramah kristolog Ceramah Yahya waloni Purgatory: Beauty Lies Beneath Hiphop Native Deen Dialog Muallaf-Murtad Kajian Islam-kumpulan hadits qudsi DOWNLOAD GRATIS EBOOK ALQUR'AN DAN KITAB-KITAB PENGARANG TERKENAL FREE DOWNLOAD EBOOK KRISTOLOGI
Fakta [area] Kisah [area] Kritisi [area] Motivasi [area] Mukhasabah [area] Muslimska [area] Sejarah [area] Puisi [area] Samara [area]
9.10.11 | Minggu, Oktober 09, 2011 | 0 Comments

LURUSKAN NIAT HAJI

Sebentar lagi, jemaah calon haji (calhaj) Indonesia mulai diberangkatkan dari semua embarkasi haji. Harapan para calhaj adalah ingin menjadi haji yang mabrur, haji yang diterima Allah.Ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang punya banyak iming-iming. Adaiming-iming al-hajju al-mabrur laisa al-jaza illa al-jannah, haji mabrur tiada balasan kecuali surga. Ada iming-iming ongkos naikhaji sama dengan ongkos untuk berjihad dijalan Allah. Satu dirham akan diganti dengan tujuh ratus kali lipat.



Ada pula iming-iming orang yang berhaji karena Allah dan dengan cara yang sesuai dengan tuntunan Islam akan kembali seperti pada hari ketika mereka dilahirkan dari rahim ibunya, bersih dari segala dosa dan masih banyak lagi iming-iming yang lain.Dengan iming-iming semacam itu, banyak muslim Indonesia yang berlomba-lomba (fastabiqul khairat) untuk segera dapat menunaikan ibadah haji dengan berbagai cara. Niat beribadah haji tidak seperti minatnya orang-orang Islam dalam ibadahyang lain seperti untuk zakat, sedekah, infak dan lainnya, yang terkesan masih ogah-ogahan.Begitu antusiasnya masyarakat Indonesia untuk menunaikan ibadah haji dengan berbagai cara sehingga muncul banyak titelhaji dalam humor religi yang hidup di tengah masyarakat. Ada titel haji wahyu (beribadah haji dari sawahnya yang payu atau laku), ada titel haji dolmah (beribadahhaji dari adol omah/adol lemah atau menjual rumah), ada titel haji abidin (beribadah haji dari atas biaya dinas) dan masih banyak lagi titel haji lain dalam humor religi.


Sejak 1998 sampai sekarang Indonesia masih dilanda krisis, namun jumlah orang yang mendaftarkan diri untuk menunaikanibadah haji menurut data statistik makin bertambah. Pemerintah berupaya menambah kuota haji. Kondisi ini cukup membanggakan karena paling tidak menunjukkan semangat beribadah haji kaum muslim di Indonesia sangat tinggi.


Namun pada sisi yang lain sangat memprihatinkan, karena bertambahnya jumlah hujjaj (mereka yang sudah beribadah haji) selama ini belum memberikan implikasi positif terhadap perubahan perilaku dan kondisi masyarakat ke arah yang lebih baik. Padahal menurut Imam Hasan dalam kitab Minahussaniyah, ciri haji mabrur adalah setelah berhaji perilaku mereka dalam kezuhudan dunia (kepekaan sosial) dan amal keakhiratan makin bertambah.

0 Comment [area]:

 
[muslimska]MOONER area © 2010 - All right reserved - Using Copyright: hanya mutlak Punya Allah SWT
WARNING: keseluruhan isi blog ini free copy paste tanpa perlu izin penulis..Allahu Akbar..Allahu Akbar..Allahu akbar