Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
About me Facebook Page Facebook Grup
Eramuslim Hidayatullah Arrahmah Voa Islam Underground Tauhid Khilafah.com Jihadwatch.org Islamcity.com
Jurnal Haji MakkahTv live Wisata Haji Media Haji Spirit Haji
Digital Haji Streaming Software Alharam-Nabawi Ceramah kristolog Ceramah Yahya waloni Purgatory: Beauty Lies Beneath Hiphop Native Deen Dialog Muallaf-Murtad Kajian Islam-kumpulan hadits qudsi DOWNLOAD GRATIS EBOOK ALQUR'AN DAN KITAB-KITAB PENGARANG TERKENAL FREE DOWNLOAD EBOOK KRISTOLOGI
Fakta [area] Kisah [area] Kritisi [area] Motivasi [area] Mukhasabah [area] Muslimska [area] Sejarah [area] Puisi [area] Samara [area]
28.4.14 | Senin, April 28, 2014 | 0 Comments

Jangan Malu Menangis

 Mooner[area]-Ada banyak efek positif yang dapat dirasakan setelah menangis. Psikolog dari Universitas South Florida dan Universitas Tilburg Belanda berhasil menganalisis beberapa sukarelawan yang memiliki sekitar 3.000 peristiwa yang patut ditangisi. Hasilnya, lebih dari separuh responden mengaku merasakan perbedaan suasana hati setelah menangis, apalagi ketika mendapatkan dukungan dari orang sekitar.    Meski demikian, sepertiga dari jumlah responden menyatakan tidak mengalami hal yang sama. Sedangkan sepersepuluh dari responden justru merasakan suasana hati yang lebih buruk sehabis menangis.  Akssi menangis tergolong memiliki kebaikan. Ketika seseorang menahan tangisnya agar tidak keluar, secara tidak langsung suasana hati menjadi stress dan mengakibatkan tingkat detak jantung meningkat serta tetes keringat akan keluar dari sekujur tubuh. Namun, ketika menangis mau tidak mau aksi ini akan membuat napas menjadi kendur dan secara tidak langsung tubuh akan menjadi santai.   Dari buku yg pernah ane baca pun ada beberapa kemaslahatan dari menangis  1. Sebagai terapi penyakit, terutama maag da usus 2. Saat menangis, maka zat2 kimia/beracun dalam tubuh sebagian dikeluarkan pada saat menagis (lewat air mata) 3. Menghindarkan dari stress karena perasaan yg tak terungkapkan 4. Menjauhkan dari bentuk2 pelarian dengan penyimpangan moral/maksiat 5. Bagi sebagian orang menangis adalah pemecahan dari masalah itu sendiri (mngkn aku termasuk juga dalam poin ini :D )  dan masih banyak lagi (tapi, maaf lupa :D ) *   " Ketika kesedihanmu sangat mendalam, maka luaskan ruangan tempat munculnya rasa sakit hati, luaskan pula ruangan asa. Menagislah sebatas yang kau mampu sampai jiwamu tidak bergejolak dengan rasa sakit. Kemudian pakailah baju kehidupan dan keluarlah dengan air mata baru yang telah dibasuh oleh air mata " **   Nabi saw besabda " wajah yang dibasahi air mata yang menangis takut karena Allah swt walaupun air mata itu sedikit maka wajah tersebut akan selamat dari siksa neraka "  Jika kalian sanggup menangis maka sering-seringlah menangis, kalau kalian tidak bisa menangis maka menangislah karena kalian tidak bisa menangis (Abu bakar Ash-shidiq .r.a)   Wallohu a'lam bisshowwab...   footnote * dan ** dari sebuah buku tentang terapi menangis karangan seorang Ustadz but unfortunately aku lupa judulnya ma nama ustadz nya.,, heeee mohon dimaafkan.
Mooner[area]-Ada banyak efek positif yang dapat dirasakan setelah menangis. Psikolog dari Universitas South Florida dan Universitas Tilburg Belanda berhasil menganalisis beberapa sukarelawan yang memiliki sekitar 3.000 peristiwa yang patut ditangisi. Hasilnya, lebih dari separuh responden mengaku merasakan perbedaan suasana hati setelah menangis, apalagi ketika mendapatkan dukungan dari orang sekitar.



Meski demikian, sepertiga dari jumlah responden menyatakan tidak mengalami hal yang sama. Sedangkan sepersepuluh dari responden justru merasakan suasana hati yang lebih buruk sehabis menangis.

Akssi menangis tergolong memiliki kebaikan. Ketika seseorang menahan tangisnya agar tidak keluar, secara tidak langsung suasana hati menjadi stress dan mengakibatkan tingkat detak jantung meningkat serta tetes keringat akan keluar dari sekujur tubuh. Namun, ketika menangis mau tidak mau aksi ini akan membuat napas menjadi kendur dan secara tidak langsung tubuh akan menjadi santai.


Dari buku yg pernah ane baca pun ada beberapa kemaslahatan dari menangis


1. Sebagai terapi penyakit, terutama maag da usus
2. Saat menangis, maka zat2 kimia/beracun dalam tubuh sebagian dikeluarkan pada saat menagis
(lewat air mata)
3. Menghindarkan dari stress karena perasaan yg tak terungkapkan
4. Menjauhkan dari bentuk2 pelarian dengan penyimpangan moral/maksiat
5. Bagi sebagian orang menangis adalah pemecahan dari masalah itu sendiri (mngkn aku termasuk juga
dalam poin ini :D )

dan masih banyak lagi (tapi, maaf lupa :D ) *




" Ketika kesedihanmu sangat mendalam, maka luaskan ruangan tempat munculnya rasa sakit hati, luaskan pula ruangan asa. Menagislah sebatas yang kau mampu sampai jiwamu tidak bergejolak dengan rasa sakit. Kemudian pakailah baju kehidupan dan keluarlah dengan air mata baru yang telah dibasuh oleh air mata " **


Nabi saw besabda " wajah yang dibasahi air mata yang menangis takut karena Allah swt walaupun air mata itu sedikit maka wajah tersebut akan selamat dari siksa neraka "

Jika kalian sanggup menangis maka sering-seringlah menangis, kalau kalian tidak bisa menangis maka menangislah karena kalian tidak bisa menangis (Abu bakar Ash-shidiq .r.a)


Wallohu a'lam bisshowwab...



footnote
* dan ** dari sebuah buku tentang terapi menangis karangan seorang Ustadz but unfortunately aku lupa judulnya ma nama ustadz nya.,, heeee mohon dimaafkan.

0 Comment [area]:

 
[muslimska]MOONER area © 2010 - All right reserved - Using Copyright: hanya mutlak Punya Allah SWT
WARNING: keseluruhan isi blog ini free copy paste tanpa perlu izin penulis..Allahu Akbar..Allahu Akbar..Allahu akbar