Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
About me Facebook Page Facebook Grup
Eramuslim Hidayatullah Arrahmah Voa Islam Underground Tauhid Khilafah.com Jihadwatch.org Islamcity.com
Jurnal Haji MakkahTv live Wisata Haji Media Haji Spirit Haji
Digital Haji Streaming Software Alharam-Nabawi Ceramah kristolog Ceramah Yahya waloni Purgatory: Beauty Lies Beneath Hiphop Native Deen Dialog Muallaf-Murtad Kajian Islam-kumpulan hadits qudsi DOWNLOAD GRATIS EBOOK ALQUR'AN DAN KITAB-KITAB PENGARANG TERKENAL FREE DOWNLOAD EBOOK KRISTOLOGI
Fakta [area] Kisah [area] Kritisi [area] Motivasi [area] Mukhasabah [area] Muslimska [area] Sejarah [area] Puisi [area] Samara [area]
10.2.13 | Minggu, Februari 10, 2013 | 0 Comments

[Sejarah] Hari Minggu Jadi Hari Libur

MASIH ingatkan lagunya Tasya?

"Minggu telah tiba, minggu telah tiba hatiiiku gembira" (perasaan libur telah tiba deh) Salah yaa? Hehehe maaf deh..


Sekarang kan hari minggu, kayaknya dari sobat-sobat pasti banyak agenda yang dah direncanain sebelumnya kan?


Ada yang mau hunting bareng sohib lah, ada yang mau ke majlis ta'limlah, ada yang kumpul keluarga ada juga yang tidur seharian. Iya kan?


Yup, hari minggu emang hari yang banyak ditunggu ama banyak orang, pasalnya hari minggu adalah hari libur.


Lho Kok bisa sih.. disebut hari libur?

Tiap-tiap hal pasti ada sejarahnya atawa asal-usulnya, setuju nggak..? Termasuk hari minggu itu sendiri yang memiliki alasan kenapa ia bisa disebut sebagai hari libur.


Tiap bangsa atawa negara pasti punya hari libur sendiri.
Misalnya bangsa atawa negara Arab yang menjadikan hari Jum’at sebagai hari libur karena hari tersebut dianggap sebagai hari untuk beribadah. Lain lagi dengan bangsa Yahudi yang memiliki hari Sabtu sebagai hari libur dengan alasan yang kalo hari sabtu adalah hari ibadah bagi mereka.


Lalu bagaimana dengan hari Minggu?
Sebagai hari libur mayoritas negara di dunia termasuk Indonesia, apakah hari Minggu merupakan hari untuk beribadah juga?

Salah
!

Gini nih sejarahnya sobat fillah..!! Pada tau bangsa Romawi kan?

Pada zaman dulu, orang-orang Romawi menguasai banyak Negara di Eropa. Kekuasaan mereka sampai dibelanda, inggris, Prancis, Jerman de el el.

"Tyus, Hubungannya ama hari Minggu apa?"


Nah, tradisi hari Minggu sebagai hari libur ini berasal dari bangsa Romawi kuno di Italia. Sama halnya dengan Arab dan Yahudi, mereka juga beranggapan kalo Minggu merupakan hari untuk beribadah bagi bangsa mereka yang menyebabkan mereka libur dari segala aktifitasnya. Selain itu juga bangsa Romawi selalu menandai hari libur dan hari penting lainnya dengan menggunakan warna merah.


Balik lagi ke negara-negara yang dikuasai Romawi tadi, negara-negara tersebut diterapkan tradisi libur hari Minggu oleh bangsa Romawi, termasuk diantaranya adalah Negara Belanda.


Naah, karena dulu kita pernah dijajah oleh bangsa Belanda, maka secara otomatis 'virus' libur hari Minggu pun nyampe ke negara kita bahkan dipake ampe sekarang tapi dengan alasan karena selama 6 hari ke belakang (senin-sabtu) dipake buat bekerja jadi perlu hari libur.


Nah, sekarang udah pada ngerti kan guys Sejarah Hari Minggu Jadi hari Libur.
So, sekarang saatnya liburan dengan menambah ilmu, salah satunya, deng membaca postingan-postingan sederhana di www.muslimska.tk .

0 Comment [area]:

 
[muslimska]MOONER area © 2010 - All right reserved - Using Copyright: hanya mutlak Punya Allah SWT
WARNING: keseluruhan isi blog ini free copy paste tanpa perlu izin penulis..Allahu Akbar..Allahu Akbar..Allahu akbar