Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
About me Facebook Page Facebook Grup
Eramuslim Hidayatullah Arrahmah Voa Islam Underground Tauhid Khilafah.com Jihadwatch.org Islamcity.com
Jurnal Haji MakkahTv live Wisata Haji Media Haji Spirit Haji
Digital Haji Streaming Software Alharam-Nabawi Ceramah kristolog Ceramah Yahya waloni Purgatory: Beauty Lies Beneath Hiphop Native Deen Dialog Muallaf-Murtad Kajian Islam-kumpulan hadits qudsi DOWNLOAD GRATIS EBOOK ALQUR'AN DAN KITAB-KITAB PENGARANG TERKENAL FREE DOWNLOAD EBOOK KRISTOLOGI
Fakta [area] Kisah [area] Kritisi [area] Motivasi [area] Mukhasabah [area] Muslimska [area] Sejarah [area] Puisi [area] Samara [area]
23.10.12 | Selasa, Oktober 23, 2012 | 0 Comments

Ustadz Ganteng, Berapa Kami Harus Bayar?


Ummat: “Ustadz Ganteng, mohon maaf, berapa ya kami perlu ganti untuk transportasi (bayar)?”
Ustadz Ganteng: “Untuk administrasi aja ya, sediakan aja kisaran 50 juta, 10 juta dibayar di depan ke account rekening saya. O ya, kalo nggak jadi DP-nya angus ya..”

CERITA di atas bukan rekaan. Tapi betulan terjadi. Dalam beberapa tahun belakangan ini, bermunculan begitu banyak ustadz di negeri kita. Yang paling membuat ustadz-ustadz ini begitu dikenal secara cepat, salah satunya adalah karena media massa, khususnya elektronik atau televisi. Tampil di televisi, maka dipastikan si ustadz itu akan langsung terkenal. Tak peduli, kapasitas ilmunya memadai ataupun tidak.

Ustadz-ustadz ini kemudian menjadi buah bibir masyarakat. Segala kehidupannya disorot oleh infotainment. Tak ada bedanya sama sekali dengan para artis. Termasuk juga soal urusan rumah tangga ampe urusan ranjang yang sebenarnya tabu untuk di omongkan ki khalayak, mereka beberkan di depan publik tanpa rasa sungkan.
Yang juga menggelitik sebagian kalangan, berapa tarif mereka?
Ust. Ahmad Sarwat, yang pernah mengelola dan menjadi Pemimpin Redaksi situs berita Islam eramuslim.com mengatakan bahwa, “Ramadhan kemarin ada panitia ceramah yang ngaku terus terang ke saya bahwa seharusnya yang diundang bukan saya, tapi ustadz X. Tapi gagal gak jadi diundang lantaran pihak manager gak mau turun lagi TARIF-nya dari angka 30 juta untuk ceramah 15 menit menjelang buka puasa. Akhirnya yang diundang saya yang bisa dikasih “syukron” doang.”

Di jejaring sosial Multiply atau tepatnya thetrueideas, seseorang menulis: “…….dulu pernah menjadi bagian dari “dakwah jutawan” semacam ini, contohnya ingin mendatangkan seorang dai dari bandung, mungkin hampir 100 jutaan, alasannya sich mereka punya kantor, punya anak buah yang harus dibiayain, uang hotelnya (minta hotel yang bagus/mahal), dan saat kita minta datang sendiri atau paling tidak minimal dengan beberapa orang saja maka bagian agennya bilang tidak bisa karena harus datang dengan rombongan, karena tidak ada dananya maka yang begitu itu tidak jadi dilakukan.
Pernah denger juga cerita, jadi di kampus saya pernah mau datangi seorang ustadz. Bliau bersedia asal dibayar minimal 40 juta". Gilaaaa!!! "kalo gini mah ane juga minat kale jadi ustadz, walo cuma Abal-abal, wkwkwkwkk”

Sementara dari id.answers.yahoo, seorang lain berkomentar: “…honornya untuk setiap acara berbeda tetapi minimum sekarang 15 juta, ada yang bahkan memberikan ratusan juta rupiah, karena memang beliau tidak mau menetapkan tarif, jadi terserah yang memberi (yang memiliki acara) dan 5 juta setiap pertemuan untuk acara2 yang tampil secara rutin di televisi.”

Cakrawalainterprize menurunkan tulisan beberapa tarif dari ustadz-ustadz kondang saat ini. Diantaranya Aa Gym mempunyai tarif Rp 8 juta rupiah, Ustadz Jujun mempunyai tarif Rp 11 juta. Itu adalah tarif untuk panggilan ke daerah saja. Tentu saja ini untuk tampil di televisi, urusannya beda lagi.

Wajar Saja, Ustadz Juga Manusia, Tapi bukan Rocker kan?

Menanggapi hal ini, banyak pihak terbelah dalam pro dan kontra. Secara eksplisit, seorang ustadz menanggapi bahwa hal-hal seperti ini terjadi karena sang ustadz masuk wilayah komersial di televisi. Dalam industri televisi, semua acara adalah jualan untuk menyedot pemirsa. Semakin banyak pemirsa, semakin banyak iklan. Dari iklan-iklan tersebut lah biaya yang digunakan untuk membayar tarif ceramah ustadz-ustadz itu.
Namun, sang ustadz yang sering muncul dengan konsep sedekahnya, juga mengatakan bahwa tidak seharusnya itu dibawa ke khalayak luas, dalam artian umat. “Tidak elok menentukan tarif,’ ujarnya. Kenapa nggak elok ?? bagi ane itu sah-sah aja, ente di ktikik karena tarif ente, napa mesti kebakaran jenggot, ente sadah tau kan misi dakwah itu apa, ente tau kan apa balasan dari jualan ayat-ayat Allah dengan tarif, ilmu ente dari mana, 

0 Comment [area]:

 
[muslimska]MOONER area © 2010 - All right reserved - Using Copyright: hanya mutlak Punya Allah SWT
WARNING: keseluruhan isi blog ini free copy paste tanpa perlu izin penulis..Allahu Akbar..Allahu Akbar..Allahu akbar