Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
About me Facebook Page Facebook Grup
Eramuslim Hidayatullah Arrahmah Voa Islam Underground Tauhid Khilafah.com Jihadwatch.org Islamcity.com
Jurnal Haji MakkahTv live Wisata Haji Media Haji Spirit Haji
Digital Haji Streaming Software Alharam-Nabawi Ceramah kristolog Ceramah Yahya waloni Purgatory: Beauty Lies Beneath Hiphop Native Deen Dialog Muallaf-Murtad Kajian Islam-kumpulan hadits qudsi DOWNLOAD GRATIS EBOOK ALQUR'AN DAN KITAB-KITAB PENGARANG TERKENAL FREE DOWNLOAD EBOOK KRISTOLOGI
Fakta [area] Kisah [area] Kritisi [area] Motivasi [area] Mukhasabah [area] Muslimska [area] Sejarah [area] Puisi [area] Samara [area]
15.8.12 | Rabu, Agustus 15, 2012 | 0 Comments

JAGA SEHATMU SEBELUM SAKITMU

Ketika anda diberikan kesehatan. . .‘Maka nikmat Allah manalagi yang engkau dustakan?”

Saudaraku seiman seagama.., semua orang pasti bahagia lahir batin jika ada dalam kondisi sehat. Namun  pernahkah saudaraku bermukhasabah kala kita berada dalam kondisi sehat, segar bugar jasmani dan rohani tersebut kita berpikir bahwa tidak akan selamanya ada sehat, karena dimana ada sehat kitapun perlu ingat sakit bisa saja menyertai "jaga sehatmu sebelum sakitmu..".

Ketika antum diberikan kesehatan. . .Berapa banyak rasa syukur kepada Allah?, berapa banyakkah mengucap khamdalah?
Bahwa Allah lah yang Maha pemberi nikmat, Yang telah membuat kondisi tubuh stabil dan serba seimbang. Dari setiap sel – sel bahkan jutaan sel yang ada dalam tubuh ini telah Allah atur sedemikian rupa, satu dan lainnya jelas berbeda.

Sungguh.. indahnya nikmat sehat itu..Maka nikmat Allah manalagi yang engkau dustakan?

Sedikit sekalikah kita bersyukur?

Saudaraku yang diberkahi kesehatan..bagaimanapun juga manusia tetap ikut andil bahkan menjadi factor utama untuk tetap dalam kondisi sehatnya tersebut.

Bagaimana mengatur waktu makan dan apa yang dimakannya,“sehatkah?” “halalkah?”.

Kala kita berada dalam kondisi sehat,Senangnya bisa beraktifitas apapun, berlari kesana kemari, makan apa aja enak.. tapi yang logis – logis loh ya sob! (jangan mendzalimi diri dengan makanan yang kharam lagi membayakan).

Yah… pokoknya jika semua khalal serba nikmat dehh.. biar dikata makan sama garam dicocol sambel+ kerupuk dan tahu aja asal kita sehat.. uhhhh subhanallah ya.., cobain aja sendiri nikmat sob.. insya Allah.. apalagi nasinya disajikan hangat-hangat gimana gitu..
(hemmm.. lapeeeer..).

Sekarang bagaimana jika kita tidak menjaga kesehatan dengan baik?
Apa yang  terjadi?
Kita pastinya bakalan ambruk, tumbang lemah tak berdaya.. istilah arabnya "Al Tepar wal opaname“,ho2.
Yang tadinya makan cuma lauk garam bisa nikmat binti ajib tapi ini disodorin makanan special yang lebih heboh pun (spaghety bin mie kuah, ayam rendang, semur daging,
Gado-gado, rujak dll yang lebih wahhh dari sebatas garam tadi..) apa coba yang terjadi?
Boro-boro maaau.. geleng-geleng (mode on)yang ada..haaa2.
Mungkin malah habis disantap sama yang sehat dan merawatnya tuuh..

Tapi inget… sob,,!! Kalo lagi sehat juga jangan semuanya disantep loh… apalagi makanan yang serba instan itu kurang baik. Jangan-jangan itu yang bisa membuat sakit..oh no..

Ya.. pengalaman pribadiku ketika sakit sichya gitu, makanan serba gak enak, hambar tak ada rasa, paiiiit..Rasanya, nelen air liur sendiri aja... maaf ya sob, pengen dimuntahin terus, pengen muntah aja gitu bawaannya..(kayak nyidam kawin aja ya..ups..maksudnya memang itu).
Yaa… emang sich..semua tergantung sakitnya juga seperti apa.
Kan ini pengalaman sakitku..gara2 kurang istirahat,pola makan serampangan,truz masuk angin, darah naik,akhirnya opname..(but, alhamdulillah,inilah berkah ramadhan, kalau bukan ku sakit, sapa coba yang kasih THR dokternya,hehe2).

Saudaraku, Allah bisa aja mencabut semua kenikmatan saat kita diberi ujian baik saat sakit atau sehat..maka senantiasalah bersyukur "..karena niscaya akan Allah tambah kenikmatan hidup kita".

Allah memberikan pelajaran melalui sakit adalah untuk mengambil ibrah/hikmah yang terbaik. Tetap positive thinking dan berdo’a “Mudah-mudahan segala bentuk sakit kita menjadi penawar dosa-dosa kita”.

Tubuh manusiapun punya hak-haknya masing-masing. Ada waktunya istirahat, makan, olahraga, berkatifitas dan hal lainnya lagi.
Nah..! kita sebagai pemilik organ– orgab tubuh tersebut sudah sepatutnya memenuhi hak-hak mereka “enak aja nih kamu maen game terus sampe begadang kurang tidur, mana hak aku untuk terpejam?” Your eyes said.
Jadilah keesokan harinya mata memerah, sembab/bahkan bisa jadi sakit mata dan ia terus meminta haknya sampai siang menjelang sehingga kondisi tubuh kitapun tidak vit, dan kurang optimal.

Saudaraku..perlu diketahui juga sebagai wawasan, bahwa kebutuhan tidur manusia setiap hari berdasarkan usianya berbeda lho..

Bayi yang baru lahir butuh waktu 16-20 jam untuk tidur. Anak-anak usia sekolah perlu tidur selama 10-11 jam. Sementara orang dewasa hanya butuh waktu 6-8 jam per hari.

Wallahua'lam..

0 Comment [area]:

 
[muslimska]MOONER area © 2010 - All right reserved - Using Copyright: hanya mutlak Punya Allah SWT
WARNING: keseluruhan isi blog ini free copy paste tanpa perlu izin penulis..Allahu Akbar..Allahu Akbar..Allahu akbar