Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
About me Facebook Page Facebook Grup
Eramuslim Hidayatullah Arrahmah Voa Islam Underground Tauhid Khilafah.com Jihadwatch.org Islamcity.com
Jurnal Haji MakkahTv live Wisata Haji Media Haji Spirit Haji
Digital Haji Streaming Software Alharam-Nabawi Ceramah kristolog Ceramah Yahya waloni Purgatory: Beauty Lies Beneath Hiphop Native Deen Dialog Muallaf-Murtad Kajian Islam-kumpulan hadits qudsi DOWNLOAD GRATIS EBOOK ALQUR'AN DAN KITAB-KITAB PENGARANG TERKENAL FREE DOWNLOAD EBOOK KRISTOLOGI
Fakta [area] Kisah [area] Kritisi [area] Motivasi [area] Mukhasabah [area] Muslimska [area] Sejarah [area] Puisi [area] Samara [area]
16.4.12 | Senin, April 16, 2012 | 0 Comments

JARINGAN SOSIAL APA SOKSIAL


Hari gini masih maen FB dan twitteran ? Masih suka galau ? Atau malah pengen nyiptain “sesuatu” dalam hidup kamu ? Sebenernya masih banyak seabrek pertanyan lain yang bakal kagak ada habisnya untuk dibahas. 


Banyak organisasi/orang yang dianggap (atau lebih tepatnya “merasa”) sukses dengan menerapkan 'social' (baca sok-sial) network, sebagai salah satu channel komunikasi mereka, walapun ternyata tidak demikian adanya. Karena memang sangat susah untuk bisa menilai keberhasilan suatu kondisi sosial (dalam hal ini komunikasi), mengingat dinamika yang ada di dalamnya yang sangat fluktuatif. Terus kenapa social network jadi “#sesuatu” yang ngetren abis? whyyy..
Apa sih social network itu?


Berdasarkan penjelasan dari wikipedia, social network adalah sebuah konsep/teori dimana seorang individu merupakan titik (node) yang terhubung dengan titik yang lain karena satu alasan tertentu (mis: keluarga, temen, kesamaan interest/hobby, tinggal di wilayah yang sama, bekerja di tempat yang sama, hingga dari agama yang sama). Hubungan antar titik ini bisa divisualisasikan menjadi menjadi semacam peta hubungan antar individu berdasar pada alasan tertentu untuk kemudian dianalisis untuk berbagai macam keperluan.
Guna memfasilitasi terwujudnya sosial network dalam satu bentuk yang bisa dipahami dan dirasakan manfaatnya, beberapa perusahaan menghadirkan yang disebut sebagai social network service, alias penyedia jasa jejaring sosial, dimana jumlahnya sangat banyak sebenernya, cuma beberapa yang terkenal dan umum dipake saat ini, yaitu facebook & twitter. Perusahaan jejaring sosial ini memperoleh keuntungan utamanya dengan menjual iklan, dan data yang mereka peroleh dari para membernya untuk keperluan analisis tertentu. So, semakin banyak data yang berhasil mereka peroleh, akan semakin tinggi pula akurasi informasinya dan semakin banyak pula analisis yang bisa dilakukan, yang pada akhirnya akan semakin banyak dolar yang bisa diperoleh oleh para penyedia jasa sosial tersebut.

Dengan melihat besarnya potensi penggunaan jejaring sosial ini, kemudian muncul berbagai ide penggunaan jejaring sosial bagi para user aktifnya. Umumnya di Indonesia mereka sering disebut sebagai situs pertemanan, dimana mereka “berasumsi” dengan menggunakan situs pertemanan atau jejaring sosial ini, mereka sudah bersosialisasi dan eksis banget di dunia wal akherat. Sementara bagi para pedagang, begitu mereka tahu potensi yang tersimpan pada situs pertemanan atau jejaring sossial ini begitu besar, spontan saja intuisi dagang mereka tumbuh subur 'bak jamur di musim mangga', eh musim hujan maksudnya, tanpa perlu banyak cingcong mereka membombardir jejaring sosial dengan iklan dagangan mereka. Sementara bagi mereka yang “gila popularitas”, jejaring sosial ini merupakan surga bagi para narsis-mania untuk menyalurkan hasrat narsis mereka yang menggelora dengan 'afdol bin toyib'. Oya, masih banyak kelompok lainnya yang menggunakan jejaring sosial ini untuk keperluan mereka masing-masing. Karena saking banyaknya kemungkinan penggunaan jejaring sosial ini, in the end, ane ngerasa jejaring sosial adalah tempat sampah / spam informasi saja.

Loh kok tempat sampah? Iya lah, karena tidak mudah untuk bisa memanfaatkan informasi yang kita peroleh dari sana. Memang selalu ada informasi bermanfaat yang bisa kita ambil, namun yang model kayak gini (informatif) sangat sedikit sekali jumlahnya. Coba aja kalo ente lagi online misal selama 30 menit, hitung deh berapa banyak “input / informasi” yang bener-bener bermanfaat bagi kamu paling2 hanya untuk 'sik asyik , sik asyik', iya kan? Kondisi ini mirip banget dengan keranjang sampah, dimana selalu aja ada “sesuatu , yang nggak sesuatu banget” yang bisa dimanfaatkan di dalamnya, tapi ya sedikit banget, dan seringnya untuk memperoleh yang sedikit ini, harus dengan susah payah karena kudu diproses dulu, sementara 30 menit tersebut kalo kita gunakan untuk membaca al-Quran, lumayan banget gitu looh, yah bisa kurang lebih dapet beberapa ayatlah lah, atau hunting buku agama bentuk ebook kan banyak bertebaran kan banyak.

sosialisasi dan kerancauannya



Back to the fact, kita meluangkan waktu untuk aktivitas yang tidak penting, seperti sharing foto, saling poking, update status dan sebagainya. Dalam kenyataan yang sebenernya (realita) kita bisa memperoleh kesenangan yang jauh lebih 'syik asyik' dari pada melakukan hal tidak bermanfaat itu, misal pergi bareng temen-temen kamu, sharing foto dengan metode kuno, alias tukeran album foto, dan kemudian jelasin satu persatu foto yang ada dalam album tersebut secara langsung, nikmati setiap candaan spontan temen-temen kita dan masih banyak kesenangan lainnya yang nggak bakalan bisa kamu dapetin di jejaring sosial. Menurut kamu, temen yang kamu pergauli dengan cara chat via BBM/FB/Twit, video call via Skype atau YM, nyoret-nyoret wall mereka lebih seneng diperlakukan seperti itu daripada interaksi sosial secara langsung? Kalo jawabannya ‘Ya”, artinya kamu ato temen kamu sakit "sakit nartot (narsis total )!'

Selain memberikan ilusi akan sosialisasi yang palsu, jejaring sosial juga memiliki seabrek permasalahan lainnya, beberapa di antaranya adalah: 


Pertama, jejaring sosial sering menjadi ajang “childish” binti kekanak-kanakan. Sebagian merupakan efek dari narsisme, dimana doi pengen banget dapet perhatian orang lain. Pastinya sudah sering denger orang 'complain' di jejaring sosial hanya karena hal sepele, kayak laper, pusing, dingin, pengen new ipad, engga diijinin kawin ama ortunya (loh?) dan sebagainya. Apa untungnya memposting permasalahan yang sedang kita hadapi? Supaya seluruh dunia ngebacanya? Ngebuka aib sendiri? Atau kesulitan menerima kenyataan yang sedang kamu hadapi ? Come On Grow Up Guys ! ente nggak nyadar ente uda kayak orang yahudi di tembok (wall) ratapan aja!

Kedua, penyimpangan penggunaan jejaring sosial untuk tujuan jahat, sudah sering kita denger orang tertipu dari jejaring sosial, mulai ketipu dari hal yang kecil / besar akibat jual beli di allshop sampai ketipu jenis kelamin pasangannya yang dikenal via jejaring sosial, karena data jenis kelaminnya di jejaring sosial dimanipulasi. Sangat susah untuk bisa kita cerna dengan logika kita: sad, but it’s true (**sambil nyanyi lagunya Metallica!)

Ketiga, sumber berbagai permasalahan interpersonal. Mulai dari sindir-sindiran via status update, kesinggung karena salah baca updetan temen, Ge-er ama status temen (dikira dirinya, padahal bukan), sampai yang berujung perceraian juga sudah terjadi, udah wasting time nambah masalah pula, rugi bener..ingat sob ini hanya Dumay apa untungnya coba bercurhat ria ,nggak malu apa ama anak Balita yang ngerengek2 minta maenan ama ortunya.

Keempat, alat marketing yang digunakan terlalu berlebihan. Udah jamak jaman sekarang berbagai produk dicantumkan, follow us on fb or twitter. Banyak perusahaan mengganggap jejaring sosial adalah alat marketing murah meriah yang cukup populer, coba deh kamu tanya diri kamu sendiri, buat apa sih follow sebuah produk gitu loh? Masih lumayan follow seorang pakar di bidang tertentu atau blog ini, hahay, karena kita berharap bisa belajar banyak dari informasi yang dia share di jejaring sosial (soksial), nah ini follow produk? Misal kita 'follow / share' produk popok bayi, ngapain kita (manusia) “mengikuti” popok bayi? Apa engga lebih baik kita mengikuti Nabi Muhammad saw.? Nyadar dong kalo kita udah dijadikan obyek marketing gratisan (korban bin tersangka bin konsumen) !

Kelima, permasalahan klasik, yakni soal privasi. Data apapun itu bentuknya, ketika kita pengen ngehapus (bener-bener hilang, bukan nonaktif) ternyata terlalu berharga bagi para penyedia jasa jejaring sosial. Sebab, bagi mereka setiap data ada harganya. Data yang sudah mereka peroleh dengan mudah dari para usernya yang susah payah mendaftar dengan suka rela, tidak serta merta hilang ketika kita seorang user menutup akun-nya. Ini memunculkan pertanyaan mendasar, data-data tersebut sebenernya punya siapa? Kalo kemudian ada yang nyari duit dari data-data kita tersebut, mestinya kita berhak memperoleh bagian dari penjualannya dong. Tul nggak? jadi hati - hatilah untuk masukin data2 pribadi , kalau perlu lekaslah ganti sesering mungkin sebanyak mungkin , karena jaringan sosial (soksial) sudah sebagai alat mata2 pergerakan kita , ane pesen nggak usa masukin nama sesuai KTP aja , pake' aja nama pena seperti banyak para penulis buku-buku.


Bijaklah gunain jejaring sosial (soksial)



Menimbang kemudhorotan dan manfaat dari jejaring sosial, mestinya kita bisa dengan mudah menentukan kudu gimana kita dengan kondisi jejaring sosial saat ini. Yang jelas sikap idealnya adalah meninggalkannya jika tak mampu memanfaatkan dengan benar dan baik atau pasif aja ,
(sekedar pengen tau atau baca2 aja status atau fanpage yang bermanfaat seperti Mooner page Area ,hahay....)
Namun bila hal itu ada niat dan mampu untuk menyampaikan dakwah dan menunjang tersebarnya dakwah via internet, silakan saja, ane sangat2 saranin dah ! 
moonerarea juga punya kok akun di fanpage & grup di FB lhoo tapi nggak untuk twitter /BBM (baca :anti) untuk menunjang penyebaran informasi untuk berbagi ilmu atau pengalaman baik dari diri sendiri atau hasil COpas atau dari orang lain. 
Ya, sebatas keperluan itu saja...emang hukum dasarnya adalah mubah untuk penggunaan teknologi semacam ini, dari sudut pandang usul fiqih, mubah adalah kondisi hukum yang berupa pilihan yang diserahkan pada manusia, yang dimaksud dengan pilihan di sini adalah pilihan untuk melakukan maupun tidak melakukan aktivitas tersebut, tentunya harus ditimbang dengan standard syar’i. Jadi kita musti menimbang permasalahan penggunaan jejaring sosial ini sesuai dengan kondisi yang kita hadapi.

Fenomena maraknya jejaring sosial di Indonesia ini juga mengindikasikan bagaimana kualitas umat Islam di negeri kita, karena sebagai seorang muslim kita kudu bisa menghargai waktu dengan baik dengan cara memanfaatkannya sesuai dengan hadis dari Abu Hurairah r.a.: “Nabi bersabda, salah satu ciri baiknya keislaman seseorang adalah ketika dia meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat (bagi dunia dan akhiratnya)”. Dari hadits tersebut bisa kita tarik kesimpulan kalo emang keislaman umat di Indonesia ini baik kalo meninggalkan jaringan soksial atau memanfaatkan untuk kemaslahatan umat , demi tercapainya baldatun thayibatun widdunya wal akhirah..amin.

Come on, sob ! Kalo kamu emang punya pemikiran jenius tiada taranya, tuangkan pemikiran kamu dalam amalan yang “Real”, supaya orang lain merasakan hebatnya kontribusi pemikiran jenius kamu! Buat apa kamu tuangkan pemikiran jenius kamu di jejaring ‘soksial’ aja (bukan berarti nggak boleh) dan kemudian ngerasa “besar” di FB/Twit karena banyak temenya atau follower-nya yang ngerespon pemikiran-pemikiran kamu, tapi kehidupan nyata, you’re nothing alias bullshit ! pemikiran itu harus diakhiri dengan eksekusi sob , bukan mikir trus demi dapet jempol & follower.

Kita kudu kembali bersosialisasi dengan “real aksi”! Sosialisasi itu gampang kok dan mengasyikan, tapi bukti akankah tetep sama dengan teori , nah lho !! and so pasti sangat manusia banget 'real aksi' itu lebih ribet daripada 'soksialisasi' dengan segala kelebihan dan kekurangannya. mulai kini berimbanglah untuk hidup / eksis didunia nyata 'n maya, buatlah “sesuatu yang syi asyik” in real life bukan hanya di ghaib life. 
Islam masih memerlukan banyak banget pejuang-pejuang (bac ;mojaheed)tangguh dan jenius seperti kamu untuk menegakkan kembali kekhalifahan, kekhilafahan di muka bumi ini.
 So, banyak-banyaklah bersyukur terhadap apa yang sudah kamu lakukan saat ini walau sebatas dumay, tapi harus tetep optimis untuk menyegerakan di Dunya (dunia nyata) minimal di lingkungan keluarga dululah .
akhirul kalam semoga dengan postingan ini kita semua termasuk ane sendiri bisa ngambil manfaatnya dan tergerak untuk segera REALAKSI bukan hanya SOKSIALISASI.

0 Comment [area]:

 
[muslimska]MOONER area © 2010 - All right reserved - Using Copyright: hanya mutlak Punya Allah SWT
WARNING: keseluruhan isi blog ini free copy paste tanpa perlu izin penulis..Allahu Akbar..Allahu Akbar..Allahu akbar