Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
About me Facebook Page Facebook Grup
Eramuslim Hidayatullah Arrahmah Voa Islam Underground Tauhid Khilafah.com Jihadwatch.org Islamcity.com
Jurnal Haji MakkahTv live Wisata Haji Media Haji Spirit Haji
Digital Haji Streaming Software Alharam-Nabawi Ceramah kristolog Ceramah Yahya waloni Purgatory: Beauty Lies Beneath Hiphop Native Deen Dialog Muallaf-Murtad Kajian Islam-kumpulan hadits qudsi DOWNLOAD GRATIS EBOOK ALQUR'AN DAN KITAB-KITAB PENGARANG TERKENAL FREE DOWNLOAD EBOOK KRISTOLOGI
Fakta [area] Kisah [area] Kritisi [area] Motivasi [area] Mukhasabah [area] Muslimska [area] Sejarah [area] Puisi [area] Samara [area]
2.3.12 | Jumat, Maret 02, 2012 | 0 Comments

MUSLIMAHLAH PENDIRI 1st Campus


Dunia boleh terpana dengan kewibawaan kampus-kampus besar di dunia seperti Harvard, Oxford,  atau Al Azhar. Kini mereka menjadi kampus populer di seantero jagad. Yang perlu diingat, bukan dari merekalah pendidikan tinggi bermula.

Mereka memang termasuk kampus-kampus tua di dunia, tapi bukanlah kampus yang pertama.


Menurut collegestats.org, kampus yang pertama kali didirikan di dunia ini adalah Universitas Al Karaouine. Kampus ini berdiri tahun 859 di kota Fes, Maroko. Pendirinya seorang wanita bernama Fatima Al Fihri. Dia mulanya mendirikan perguruan tinggi ini untuk mengajarkan ilmu-ilmu alam. Fatima adalah anak saudagar kaya bernama Mohammed Al Fihri.

Keluarga ini aslinya berasal dari Tunisia yang kemudian hijrah ke Fes di awal abad ke-9. Fatima bersama saudara perempuannya bernama Maryam memiliki banyak uang dari bisnis orang tuanya. Uang itu kemudian mereka manfaatkan untuk memberdayakan masjid-masjid, hingga akhirnya terpikir untuk mendirikan kampus tersebut.



Guiness Book of World Records telah mencatat kampus ini sebagai kampus tertua di dunia. Banyak sudah ilmuwan terkemuka yang lulus dari universitas tersebut. Di antara ilmuwan terkemuka ituterdapat beberapa nama sepertiIbn Rushayd Al-Sabti(wafat 1321), MohammedIbn Al-Hajj Al-Abdari Al-Fasi(wafat 1336), Abu Imran Al-Fasi(wafat 1015), dan beberapa tokoh lain. Tak hanya tokoh Islam, sebagian tokoh Yahudi juga pernah kuliah di kampus ini.Universitas ini tercatat lebih tua dibanding Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir. Situs tersebut mencatat, Universitas Al Azhar didirikan tahun 970-972.


Published with Blogger-droid v2.0.4

0 Comment [area]:

 
[muslimska]MOONER area © 2010 - All right reserved - Using Copyright: hanya mutlak Punya Allah SWT
WARNING: keseluruhan isi blog ini free copy paste tanpa perlu izin penulis..Allahu Akbar..Allahu Akbar..Allahu akbar