Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
About me Facebook Page Facebook Grup
Eramuslim Hidayatullah Arrahmah Voa Islam Underground Tauhid Khilafah.com Jihadwatch.org Islamcity.com
Jurnal Haji MakkahTv live Wisata Haji Media Haji Spirit Haji
Digital Haji Streaming Software Alharam-Nabawi Ceramah kristolog Ceramah Yahya waloni Purgatory: Beauty Lies Beneath Hiphop Native Deen Dialog Muallaf-Murtad Kajian Islam-kumpulan hadits qudsi DOWNLOAD GRATIS EBOOK ALQUR'AN DAN KITAB-KITAB PENGARANG TERKENAL FREE DOWNLOAD EBOOK KRISTOLOGI
Fakta [area] Kisah [area] Kritisi [area] Motivasi [area] Mukhasabah [area] Muslimska [area] Sejarah [area] Puisi [area] Samara [area]
7.4.12 | Sabtu, April 07, 2012 | 0 Comments

NIKAH VS GAJI

Berapa Gaji Minimal Untuk Menikah ? 

Seorang temen pernah bertanya: “Eh, kalo gw nikah tapi dengan gaji gw yang cuma Rp***** bisa ga ya? Cukup ga ya? 


Hmmm….. Maka dari pertanyaan itu ane coba buat survey 'asal', dan berikut adalah daftar pengeluaran standard bulanan setelah merid. Sekedar berbagi aja, buat temen2 yang mungkin juga mengalami "Matery after merit phobia syndhrome".. cekidoot..



Daftar anggaran bulanan: ------------------------------​- (asumsi : disusun berdasarkan skala proritas, disusun dengan sangat2 relatif, dan berdasarkan basic needs standar menengah ke bawah). 

1. Makan 

Dengan asumsi sekali makan adalah Rp. 5.000. Maka makan 3x sehari, kali 2 orang (karena lagu sepiring berdua cuma berlakupada saat pacaran aja), kali 30 hari adalah :Rp. 900.000. *Tips : Rajin2 ke kondangan, walimahan, atau sunatan, dan bawa pulang nasi kotaknya, pasti lebih ngirit.. setuju mas bro...? 

2. Kontrakan 

Dengan asumsi masih ngontrak di rumah petak, yang punya uda botak, tapi masih galak, dan punya anjing belum jinak. Maka dana untuk kontrakan sekitar Rp. 500.000/bulan. 
*Tips : Tinggallah di Pondok 'Mertua' Indah. Niscaya 2 dana diatas gak akan pernah ada. Di pondok mertua indah, anda akan bebas makan apa aja, termasuk "makan ati" wkwkwk 


3. Listrik dan Air 

Dengan asumsi daya listrik 900 watt dan pake PAM maka anggaran untuk listrik adalah Rp. 100.000/bulan.
*Tips : cukup AC (Angin Cendela). Jangan suka main 'Plestesyen' (baca:PS), cukup main monopoli,petak umpet atau gaple, domino ama istri terasa lebih romantis , secara kan baru merid jadi mainnya walo sederhana tetep asyil kan..!!


4. Transportasi 

Dengan asumsi naik motor ke kantor, dengan motor yang paling irit rit rit, maka untuk ongkos bensin en servis adalah Rp. 100.000. 
*Tips : Gunakanlah Bensin campur, (Maksud ane campur dorong, pasti lebih irit) apalagi BBM tinggal tunggu waktu naik nich.. Atau ikutlah “Nebeng Fans Club”, dengan alasan mempererat silaturahim dengan yang ditebengi maka perjalanan berangkat dan pulang tempat kerja akan terasa lebih menyenangkan..tapi jangan ngelunjak dengan nebeng makan di rumahnya pula.. 


5. Komunikasi 

Dengan asumsi pake hape CDMA/GSM yang Rp.50/menit maka untuk sebulan, ongkos komunikasi berdua adalah Rp. 100.000 uda lebih dari cukup apalagi lagi rame tuh iklan yang Galau2 atau Mawar Marwan
*Tips : Pakelah "FREN" yang lebih murah (maksudnya kalo mau nelpon atau sms tinggal bilang “Freeen…minjam HP nya dong freen…”uhuhuhuhuhu 


6. Keperluan Sehari Hari Seperti sabun,odol,sampoo, dll 

Dengan asumsi tidak pake fesyel,krimbat, manikyur, pedikyur, kukyur2 lah pokoknya maka alokasi dana untuk ini sebesar Rp.50.000 jadi lah. 
*Tips : Mandi kalo perlu saja. Kalo dulu 2 kali sehari,sekarang cukup 2 hari sekali. dan Untuk ngirit odol kembalilah memakai tumbukan batu bata dan untuk sampoo pake ja jerami yang dibakar dijamin lebih irit dah!!


7. Kesehatan Seperti minyak kayu putih,vitamin, obat pusing 

Yang ini urgent buat pengantin baru wekekekek! maka alokasi cadangan untuk kesehatan sebesar Rp. 50.000.

*Tips : Jaga kesehatan. Jangan begadang…kalo tiada artinya…begadang bole saja…asalkan sambil ronda (halah!!) tapi ronda apa dulu hayoooooo ??



8.Entertaiment 

Nha ini kalo ada uang lebih aja, bisa laah sekali2 'nomatkop' (nonton hemat bioskop), liat live music, lari pagi di monas, atau makan martabak sekali2.
Tips : beli CD bajakan aja GPP, 10rb perak dah dapat kok , atau nonton layar tancep , atau wayangan..di jamin terhibur dah...jangan lupa bawa alas sendiri ya..hehehe 


Kesimpulan 

Jadi, dapat kita simpulkan… Dari asumsi basic needs diatas maka pengeluaran untuk tiap bulan adalah kurang lebih  sebesar : Rp. 1.800.000/ bulan kalo nggak percaya itung sendiri deh.. (busyeeett dah…masih gede juga ya) Mungkin ini bisa jadi bahan pertimbangan temen2 ketika pengen nikah, untuk kemudian dibandingkan dengan pemasukan yang ada. Kalopun masih ‘besar pasak daripada tiang’ Anda bisa memperkecil pasak, atau memperbesar tiang…ataauu. ..gak usak pake pasak, tapi dipaku aja! Tapi ada 1 hal yang ga bisa dijelaskan dengan perhitungan ketika anda memutuskan untuk menikah (Serius Mode : On) itu wajib hukumnya.... Insyaallah, bakal Berkah Menikahnya.. 
Selalu, Allah akan mencukupi kebutuhan umatnya yang mau berusaha dan berdoa. Selalu bersyukur dan percaya bahwa Allah-lah Raja dari segala raja akunting ! Ok bro...semangat..


Note : ane juga lagi ngalami hal yang sama jadi, ente nggak sendiri jadi nggak usa takut.

0 Comment [area]:

 
[muslimska]MOONER area © 2010 - All right reserved - Using Copyright: hanya mutlak Punya Allah SWT
WARNING: keseluruhan isi blog ini free copy paste tanpa perlu izin penulis..Allahu Akbar..Allahu Akbar..Allahu akbar